Judul
Serat : SABDATAMA
Di bawah
ini salah satu pupuh bagian dari Serat Sabdatama, pupuh yang saya ambil untuk
dianalisis yaitu pupuh Gambuh.
I.
PUPUH GAMBUH BESERTA ARTINYA
1. Rasaning tyas kayungyun
Angayomi lukitaning kalbu
Gambir wanakalawan hening ing ati
Kabekta kudu pitutur
Sumingkiring reh tyas mirong
Angayomi lukitaning kalbu
Gambir wanakalawan hening ing ati
Kabekta kudu pitutur
Sumingkiring reh tyas mirong
·
Artinya:
Tumbuhlah suatu keinginan melahirkan perasaan dengan hati yang hening
disebabkan ingin memberikan petuah-petuah agar dapat menyingkirkan hal-hal
yang salah.
2. Den samya amituhu
Ing sajroning Jaman Kala Bendu
Yogya samyanyenyuda hardaning ati
Kang anuntun mring pakewuh
Uwohing panggawe awon
Ing sajroning Jaman Kala Bendu
Yogya samyanyenyuda hardaning ati
Kang anuntun mring pakewuh
Uwohing panggawe awon
·
Artinya:
Diharap semuanya maklum bahwa di jaman Kala Bendu sebaiknya mengurangi
nafsu pribadi yang akan membawa kepada kerepotan. Hasilnya hanyalah perbuatan
yang buruk.
3. .Ngajapa tyas rahayu
Nyayomana sasameng tumuwuh
Wahanane ngendhakke angkara klindhih
Ngendhangken pakarti dudu
Dinulu luwar tibeng doh
Nyayomana sasameng tumuwuh
Wahanane ngendhakke angkara klindhih
Ngendhangken pakarti dudu
Dinulu luwar tibeng doh
·
Artinya: Sebaiknya
senantiasa berbuat menuju kepada hal-hal yang baik. Dapat memberi perlindungan
kepada siapapun juga. Perbuatan demikian akan melenyapkan angkara murka,
melenyapkan perbuatan yang bukan-bukan dan terbuang jauh.
4. Beda kang ngaji mumpung
Nir waspada rubedane tutut
Kakinthilan manggon anggung atut wuri
Tyas riwut ruwet dahuru
Korup sinerung agoroh
Nir waspada rubedane tutut
Kakinthilan manggon anggung atut wuri
Tyas riwut ruwet dahuru
Korup sinerung agoroh
·
Artinya:
Hal ini memang lain dengan yang ngaji pumpung. Hilang kewaspadaannya dan
kerepotanlah yang selalu dijumpai, selalu mengikuti hidupnya. Hati senantiasa
ruwet karena selalu berdusta.
5. Ilang budayanipun
Tanpa bayu weyane ngalumpuk
Sakciptane wardaya ambebayani
Ubayane nora payu
Kari ketaman pakewoh
Tanpa bayu weyane ngalumpuk
Sakciptane wardaya ambebayani
Ubayane nora payu
Kari ketaman pakewoh
·
Artinya: Lenyap
kebudayaannya. Tidak memiliki kekuatan dan ceroboh. Apa yang dipikir hanyalah
hal-hal yang berbahaya. Sumpah dan janji hanyalah dibibir belaka tidak
seorangpun mempercayainya. Akhirnya hanyalah kerepotan saja.
6. Rong asta wus katekuk
Kari ura-ura kang pakantuk
Dandanggula lagu palaran sayekti
Ngleluri para leluhur
Abot ing sih swami karo
Kari ura-ura kang pakantuk
Dandanggula lagu palaran sayekti
Ngleluri para leluhur
Abot ing sih swami karo
·
Artinya: Sudah
tidak berdaya. Hanya tinggallah berdendang. Mendendangkan lagu dandanggula
palaran hasil karya nenek moyang dahulu kala, betapa beratnya hidup ini seperti
orang dimadu saja.
7. Galak
gangsuling tembung
Ki Pujangga panggupitanipun
Rangu-rangu pamanguning reh harjanti
Tinanggap prana tumambuh
Katenta nawung prihatos
Ki Pujangga panggupitanipun
Rangu-rangu pamanguning reh harjanti
Tinanggap prana tumambuh
Katenta nawung prihatos
·
Artinya: Ki
Pujangga didalam membuat karyanya mungkin ada kelebihan dan kekurangannya. Oleh
karena itu ada perasaan ragu-ragu dan khawatir, barangkali terdapat
kesalahan/kekeliruan tafsir, sebab sedang prihatin.
8. Wartine
para jamhur
Pamawasing warsita datan wus
Wahanane apan owah angowahi
Yeku sansaya pakewuh
Ewuh aya kang linakon
Pamawasing warsita datan wus
Wahanane apan owah angowahi
Yeku sansaya pakewuh
Ewuh aya kang linakon
·
Artinya: Menurut pendapat para
ahli, keadaan wawasan mereka selalu berubah- ubah. Meningkatkan kerepotan apa yang
hendak dijalankan.
9. Sidining
Kala Bendu
Saya ndadra hardaning tyas limut
Nora kena sinirep limpating budi
Lamun durung mangsanipun
Malah sumuke angradon
Saya ndadra hardaning tyas limut
Nora kena sinirep limpating budi
Lamun durung mangsanipun
Malah sumuke angradon
·
Artinya: Azabnya jaman Kala Bendu,
makin menjadi-jadi, nafsu angkara murka tidak mungkin dikalahkan oleh budi yang
baik. Bila belum sampai saatnya akibatnya bahkan makin luar biasa.
10. Ing antara
sapangu
Pangungaking kahanan wus mirud
Morat-marit panguripaning sesami
Sirna katentremanipun
Wong udrasa sak anggon-anggon
Pangungaking kahanan wus mirud
Morat-marit panguripaning sesami
Sirna katentremanipun
Wong udrasa sak anggon-anggon
·
Artinya: Sementara itu keadaan sudah
semakin tidak karuwan, kehidupan semakin morat-marit, tidak ada ketenteraman
lagi, kesedihan dimana-mana.
11. Kemang
isarat lebur
Bubar tanpa daya kabarubuh
Paribasan tidhem tandhaning dumadi
Begjane ula dahulu
Cangkem silite angaplok
Bubar tanpa daya kabarubuh
Paribasan tidhem tandhaning dumadi
Begjane ula dahulu
Cangkem silite angaplok
·
Artinya: Segala
dosa dan cara hancur lebur, seolah-olah hati dikuasai ketakutan.
Yang beruntung adalah ular berkepala dua, sebab kepala serta ekornya bisa tetap makan.
Yang beruntung adalah ular berkepala dua, sebab kepala serta ekornya bisa tetap makan.
12. Ndhungkari
gunung-gunung
Kang geneng-geneng padha jinugrug
Parandene tan ana kang nanggulangi
Wedi kalamun sinembur
Upase lir wedang umob
Kang geneng-geneng padha jinugrug
Parandene tan ana kang nanggulangi
Wedi kalamun sinembur
Upase lir wedang umob
·
Artinya: Gunung-gunung
digempur, yang besar-besar dihancurkan meskipun demikian tidak ada yang berani
melawan. Sebab mereka takut kalau disembur (ular) berbisa. Bisa racun ular itu
bagaikan air panas.
13. Kalonganing
kaluwung
Prabanira kuning abang biru
Sumurupa iku mung soroting warih
Wewarahe para Rasul
Dudu jatining Hyang Manon
Prabanira kuning abang biru
Sumurupa iku mung soroting warih
Wewarahe para Rasul
Dudu jatining Hyang Manon
·
Artinya: Tetapi harap diketahui
bahwa lengkungan pelangi yang berwarna kuning merah dan biru sebenarnya
hanyalah cahaya pantulan air. Menurut ajaran Nabi itu bukanlah Tuhan yang
sebenarnya.
14. Supaya
pada emut
Amawasa benjang jroning tahun
Windu kuning kono ana wewe putih
Gegamane tebu wulung
Arsa angrebaseng wedhon
Amawasa benjang jroning tahun
Windu kuning kono ana wewe putih
Gegamane tebu wulung
Arsa angrebaseng wedhon
·
Artinya: Agar diingat-ingat. Kelak
bila sudah menginjak tahun windu kuning (Kencana) akan ada wewe putih (setan
putih), yang bersenjatakan tebu hitam akan menghancurkan wedhon (pocongan
setan). (Sebuah ramalan yang perlu dipecahkan).
15. Rasa wes
karasuk
Kesuk lawan kala mangsanipun
Kawises kawasanira Hyang Widhi
Cahyaning wahyu tumelung
Tulus tan kena tinegor
Kesuk lawan kala mangsanipun
Kawises kawasanira Hyang Widhi
Cahyaning wahyu tumelung
Tulus tan kena tinegor
·
Artinya: Agaknya sudah sampai
waktunya, karena kekuasaan Tuhan telah datang jaman kebaikan, tidak mungkin
dihindari lagi.
16. Karkating
tyas katuju
Jibar-jibur adus banyu wayu
Yuwanane turun-temurun tan enting
Liyan praja samyu sayuk
Keringan saenggon-enggon
Jibar-jibur adus banyu wayu
Yuwanane turun-temurun tan enting
Liyan praja samyu sayuk
Keringan saenggon-enggon
·
Artinya: Kehendak hati pada waktu
tersebut hanya didasarkan kepada ketentraman sampai ke anak cucu. Negara-negara
lain rukun sentosa dan dihormati dimanapun.
17. Tatune
kabeh tuntun
Lelarane waluya sadarum
Tyas prihatin ginantun suka mrepeki
Wong ngantuk anemu kethuk
Isine dinar sabokor
Lelarane waluya sadarum
Tyas prihatin ginantun suka mrepeki
Wong ngantuk anemu kethuk
Isine dinar sabokor
·
Artinya: Segala luka-luka
(penderitaan) sudah hilang. Perasaan prihatin berubah menjadi gembira ria. Orang
yang sedang mengantuk menemukan kethuk (gong kecil) yang berisi emas kencana
sebesar bokor.
18. Amung
padha tinumpuk
Nora ana rusuh colong jupuk
Raja kaya cinancangan angeng nyawi
Tan ana nganggo tinunggu
Parandene tan cinolong
Nora ana rusuh colong jupuk
Raja kaya cinancangan angeng nyawi
Tan ana nganggo tinunggu
Parandene tan cinolong
·
Artinya: Semua itu hanya ditumpuk
saja, tidak ada yang berbuat curang maupun yang mengambil. Hewan piaraan diikat
diluar tanpa ditunggu namun tidak ada yang dicuri.
19. Diraning
durta katut
Anglakoni ing panggawe runtut
Tyase katrem kayoman hayuning budi
Budyarja marjayeng limut
Amawas pangesthi awon
Anglakoni ing panggawe runtut
Tyase katrem kayoman hayuning budi
Budyarja marjayeng limut
Amawas pangesthi awon
·
Yang tadinya berbuat angkara
sekarang ikut pula berbuat yang baik-baik. Perasaannya terbawa oleh kebaikan
budi. Yang baik dapat menghancurkan yang jelek.
20. Ninggal
pakarti dudu
Pradapaning parentah ginugu
Mring pakaryan saregep tetep nastiti
Ngisor dhuwur tyase jumbuh
Tan ana wahon winahon
Pradapaning parentah ginugu
Mring pakaryan saregep tetep nastiti
Ngisor dhuwur tyase jumbuh
Tan ana wahon winahon
·
Artinya: Banyak
yang meninggalkan perbuatan-perbuatan yang kurang baik. Mengikuti
peraturan-peraturan pemerintah. Semuanya rajin mengerjakan tugasnya
masing-masing. Yang dibawah maupun yang diatas hatinya sama saja. Tidak ada
yang saling mencela.
21. Ngratani
sapraja agung
Keh sarjana sujana ing kewuh
Nora kewran mring caraka agal alit
Pulih duk jaman runuhun
Tyase teteg teguh tanggon
Keh sarjana sujana ing kewuh
Nora kewran mring caraka agal alit
Pulih duk jaman runuhun
Tyase teteg teguh tanggon
·
Artinya: Keadaan seperti itu terjadi diseluruh negeri.
Banyak sekali orang-orang ahli dalam bidang surat menyurat. Kembali seperti jaman
dahulu kala. Semuanya berhati baja.
II.
ISI CERITA dalam
PUPUH GAMBUH dari SERAT SABDATAMA
Di dalam
pupuh Gambuh yang diambil dari serat Sabdatama menceritakan adanya jaman Kala
Bendu, yang di jaman tersebut diharapkan semua orang mengesampingkan keinginan
pribadi atau mengutamakan orang lain dibandingkan dirinya sendiri, karena jika
tetap memaksakan keinginan pribadi akan membuahkan hasil berupa
perbuatan-perbuatan yang buruk. Di Jaman Kala Bendu ini dianjurkan untuk
senantiasa melakukan kebaikan agar angkara murka musnah dan hanya ketentraman
yang akan tercipta. Namun berbeda dengan orang-orang yang menggunakan prinsip
“aji mumpung”, mereka cenderung hanya mengikuti kehendaknya sendiri tanpa
memperdulikan orang lain, selain hanya pandai berbicara saja mereka juga
cenderung tidak memiliki kekuatan, ceroboh serta hilang kebudayaannya, namun
tak seorang pun yang mempercayainya, yang mereka dapat hanyalah kerepotan
belaka.
Semakin lama, akibat yang timbul
dari jaman Kala Bendu semakin menjadi dan angkara murka semakin merajalela,
sekedar budi yang baik tidak akan bisa mengalahkan angkara murka. Kehidupan
terlihat semakin kacau balau, tidak ada ketentraman sedikitpun yang ada
hanyalah kesedihan di mana-mana. Ketakutan menyelimuti hati orang-orang di
jaman Kala Bendu tersebut, mereka benar-benar merasakan dahsyatnya
kerusakan-kerusakan alam yang terjadi di sekitar mereka, mereka benar-benar
tergoncang hatinya dengan adanya kejadian tersebut, hingga datang lah jaman
kebaikan yang segala sesuatunya dikerjakan dari hati yang bertujuan untuk
mendapatkan ketentraman di dalam kehidupan sampai pada anak cucu mereka.
Suasana yang menakutkan dan menyedihkan, sekarang berubah menjadi gembira ria.
Mereka-mereka yang dahulu berbuat angkara murka pun sekarang mulai
menghilangkan perbuatan-perbuatan yang kurang baik dan mulai mentaati peraturan
yang dibuat oleh pemerintah karena terbawa oleh perasaan budi yang baik dalam
diri mereka. Mereka mulai bekerja dengan pekerjaan masing-masing tanpa
memperdulikan mana golongan atas dan golongan bawah, mereka pun tidak saling
mencela.
Dari kesimpulan yang saya ambil,
dalam pupuh ini membicarakan tentang kebanyakan pejabat yang bertindak
semena-mena tanpa memperhatikan keadilan bagi semua orang. Mereka cenderung
sibuk memikirkan hidupnya sendiri, dan tidak mau tahu tentang orang lain yang
merasa kesusahan dalam menopang hidupnya. Dengan bekal pangkat yang lebih
tinggi dari orang-orang yang berada di bawahnya, mereka bertindak seenaknya
sendiri tanpa memikirkan akibat yang sebenarnya tertuju pada orang-orang
kalangan bawah. Jangankan rasa saling menghormati, bahkan rasa peduli terhadap
sesama pun tidak pernah ada di hati mereka para pejabat yang menyalah gunakan
jabatannya, mereka menganggap orang-orang kalangan bawah itu tidak pantas untuk
di hormati, hanya mereka lah orang-orang berpangkat yang wajib dihormati oleh
semua orang, akan tetapi sesungguhnya pemimpin yang seperti itulah pemimpin
yang tidak akan pernah dihargai dan dihormati oleh rakyatnya, melainkan celaan
dan ejekan lah yang justru akan diterimanya. Sebenarnya apabila golongan
orang-orang atas mau memperdulikan sesamanya, maka ketentraman serta
kesejahteraan di dalam suatu Negara akan tercapai dengan mudahnya dan tidak
akan ada lagi perselisihan antara pejabat dengan rakyat.
III.
MANFAAT yang
TERKANDUNG dalam PUPUH GAMBUH dari SERAT SABDATAMA
Di dalam
Serat Sabdatama, khususnya pada pupuh Gambuh terdapat manfaat yang tersirat
dari pupuh tersebut, manfaat yang bisa saya ambil yaitu:
1.
Apabila kita membaca bahkan
mengartikan pupuh tersebut maka kita akan mengetahui betapa memprihatinkannya
ketika berada di jaman Kala Bendu itu, karena kita mengetahui berbagai
perbuatan yang tidak seyogyanya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai
jabatan tinggi terhadap orang-orang yang berada di bawahnya.
2.
Kita juga bisa menyimpulkan bahwa
di jaman sekarang ini termasuk jaman Kala Bendu, karena kebanyakan para pejabat
bertindak semaunya tanpa memikirkan rakyat yang susah menanggung hasil dari
kecerobohan mereka yang berdampak sangat buruk bagi rakyat, yang terjadi
hanyalah kesenjangan sosial dan susahnya menciptakan ketentraman serta kesejahteraan
rakyat di Negaranya sendiri.
3.
Dari pupuh di atas juga kita bisa
merasakan betapa indahnya kebersamaan jika tidak terjadi kesenjangan sosial
yang diakibatkan oleh adanya status sosial dari masing-masing pihak. Karena di
dalam suatu kehidupan yang nyata sangat membutuhkan rasa saling hormat antar
sesama.
4.
Kita juga dapat memahani bagaimana
harus menempatkan diri, walaupun saat ini kita berada distrata yang paling
atas, namun itu hanyalah status sosial yang hanya berlaku untuk kaum golongan
berpangkat dan tidak berpangkat, sedangkan di mata Tuhan kita sama-sama
makhlukNya, maka sebisa mungkin kita harus membuka hati kita untuk saling
peduli kepada sesama dan saling menolong siapapun ketika mendapat kesusahan
dengan tidak memandang bulu, karena kita hidup di dunia seperti “Cakra
Manggilingan” dalam bahasa Jawa, yang berarti, kita hidup tidak selamanya
berada di atas yang hidup serba enak dan kaya raya, akan tetapi ada kalanya
juga kita hidup di bawah dengan segala kesusahan yang diderita.
5.
Selain itu kita juga mengetahui,
bahwa orang-orang yang berjabatan tinggi tidak akan menjadi terhormat apabila
mereka melakukan tindakan yang angkara murka, karena itu sangat merugikan pihak
lain yang sebenarnya tidak bersalah akan tetapi terkena imbas dari perbuatan
mereka.
6.
Dan manfaat yang terakhir, kita
dapat menerapkan bagaimana caranya menjadi orang yang baik, yang tentunya tidak
sekedar baik dari luarnya saja, melainkan baik luar dan dalamnya, serta dapat
mengetahui bagaimana orang-orang yang selama ini merasa dirinya paling benar
sehingga berbuat semena-mena terhadap sesamanya yang membutuhkan pertolongan
dari mereka. Pupuh ini benar-benar mendorong untuk mengembangkan rasa
kepedulian antar sesama dan mendorong setiap individu untuk menjadi pribadi
yang baik dan berbudi luhur.
No comments:
Post a Comment